Sungai Cisadane adalah salah satu tujuan wisata alam yang berada di Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten. Sungai yang mempunyai panjang sekitar 80 km dan bersumber dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango ini, merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya, seperti untuk keperluan irigasi, kebutuhan industri, dan sumber air minum. Selain sebagai sumber kehidupan, sungai ini juga berfungsi sebagai tempat wisata alam dan olah raga arung jeram. Sungai Cisadane memiliki beberapa anak sungai, yaitu Cisodong, Cibogo, Citempuan, Cianten, Cisidangbarang, dan Cipanas, yang semuanya bermuara di laut Jawa.

Keistimewaan

 

 

 

 

 

Sungai Cisadane terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Di sepanjang tepian sungai ini terdapat aneka tumbuhan yang menghijau, bebatuan yang unik, taman untuk bersantai, bendungan peninggalan Belanda, dan perumahan penduduk yang berjajar rapi.

Untuk menyusuri keindahan pemandangan alam di sungai ini, pengunjung dapat melakukannya sambil berolah raga arung jeram. Olah raga arung jeram di Sungai Cisadane dibagi menjadi dua paket, yaitu paket amatir (untuk keluarga) dan paket adventur (untuk kelas profesional). Untuk paket amatir, start dimulai dari jembatan Ciampea dan berakhir di Kampung Pasir, dengan Jarak tempuh sekitar 7 km dan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan untuk paket adventure, start dimulai dari DAM Balandongan dan berakhir di Galian Pasir Gunung Gadung, Desa Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, dengan jarak tempuh sekitar 12 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Keistimewaan lainnya, pengunjung juga dapat melihat Festival Cisadane yang diselenggarakan setiap tahun sekali, yaitu pada bulan Juni. Dalam festival ini, pengunjung dapat melihat aneka hiburan dan perlombaan, seperti lomba kole-kole, lomba perahu naga, pentas hiburan dangdut, pertunjukan wayang kulit, dan lain-lain. Di sungai ini juga terdapat tradisi tahunan lainnya, yaitu mandi keramas massal yang dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Untuk menuju lokasi wisata Sungai Cisadane, perjalanan dapat dimulai dari Stasiun Bogor dan Terminal Merdeka. Jika pengunjung dari Stasiun Bogor, dapat menyewa mobil atau naik taksi dengan tarif kurang lebih Rp 30.000—Rp 35.000 (Juli 2008) dan turun di Ciampea. Sedangkan, jika dari Terminal Merdeka, pengunjung naik angkutan kota jurusan Bantarkambing—Ciampea.

 

Untuk memasuki kawasan wisata Sungai Cisadane, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, bagi pengunjung yang ingin mencoba berolah raga arung jeram, terdapat tarif per perahu. Setiap perahu dilengkapi dengan peralatan pendukung, seperti rompi, helm, tali, dan lain-lain. Jumlah penumpang tiap perahu dibatasi maksimal 6 orang, yang terdiri dari 1 orang guide dan 5 orang penumpang.


Obyek wisata alam dan arung jeram Sungai Cisadane, terdapat beberapa fasilitas, seperti penginapan, rumah makan, parkir luas, tempat persewaan peralatan arung jeram, waterway, dan lain-lain. Bagi wisatawan yang berarung jeram akan mendapatkan fasilitas tambahan, seperti makan, snack tiga kali, kelapa muda, jagung bakar, api unggun, asuransi, dan sertifikat. Bagi wisatawan yang ingin fasilitas umum yang lebih lengkap, seperti tempat hiburan, café, restoran, hotel, ATM, Mal, dan Lain-lain, dapat berkunjung ke Kota Tangerang.