Puncak adalah nama sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wiasatawan mancanegara. Daerah ini dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk kota Jakarta dan sebagai daerah perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda.

Keindahan daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Gunung Mas dan Gantole (Paralayang).

Di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik diantaranya Taman Safari, Kebun Bunga, dan terdapat sebuah Masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta’awun. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali villa-villa dan hotel yang dimiliki oleh warga sekitar untuk tempat beristirahatnya pengunjung.

Puncak merupakan daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wiasatawan mancanegara. Daerah ini dikenal sebagai tempat peristirahatan, wisata, dan daerah perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda.

Perjalanan kami lalui dengan menggunakan kendaraan angkot yang banyak tersedia di Bogor. Dari Ciawi menuju ke Jalan Puncak Raya, Mega Mendung – Cisarua – Puncak. Kami turun dari angkot dan berjalan menuju ke arah Puncak Pass sambil menikmati pemandangan kebun teh yang terdapat di kiri-kanan jalan. Suasana jalan raya Puncak cukup sepi karena hari masih pagi dan bukan hari libur.

Sambil berjalan, kami mengamati kegiatan para petani teh yang sedang memetik teh di perkebunan. Kebun teh yang berada di kawasan Puncak ini terbagi atas beberapa perusahaan. Kami melihat kegiatan tersebut di area Perkebunan Gunung Mas PTP Nusantara VIII.

Hawa yang cukup sejuk khas pegunungan ini memang nyaman dan membuat kami betah berlama-lama ditempat ini. Akhirnya kami mencoba berjalan menelusuri kebun teh ini untuk mencari lokasi yang pas buat berfoto ria.